Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D
Detail Cantuman Kembali

XML

Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D


Buku ini merupakan buku metode penelitian yang lengkap, mengapa demikian? Buku ini mencakup tiga metode penelitian, yaitu Kuantitatif, kualitatif, dan penelitian dan pengembangan (research and development/R&D). Peneliti baru biasanya akan mengalami kesulitan untuk membedakan jenis penelitian kuantitatif dan penelitian kaulitatif, untuk itu buku ini cocok dipakai sebagai pegangan awal untuk membedakan dua jenis penelitian tersebut.
Metode kuantitif pada buku ini meliputi pada populasi yang luas, permasalahan sudah jelas, teramati, terukur, dan peneliti bermaksud menguji hipotesis. Metode penelitian kualitatif yang ditulis dalam buku ini terutama apabila permasalahan masih "remang-remang bahkan gelap". Selain itu penelitian kualitatif tepat digunakan untuk mengkonstruksi fenomena sosial yang rumit menentukan hipotesis dan teori. Peneliti bermaksud ingin memahami secara mendalam suatu situasi sosial yang kompleks, penuh makna.
Sedangkan model R&D digunakan apabila peneliti bermaksud menghasilkan produk tertentu dan sekaligus menguji keefektifan produk tersebut. Metode R&D diharapkan dapat ditemukan dan diuji untuk produk-produk baru yang berguna bagi kehidupan manusia seperti otomotif, pesawat terbang, elektronika, computer, kedokteran, obat-obatan, konstruksi bangunan dan lain-lain. Penelitan R&D yang diulas dalam buku ini harapannya mampu menjadi acuan untuk penelitian selanjutnya.
Dengan dituliskannya ketiga metode penelitian tersebut di dalam buku ini, diharapkan para pembaca/peneliti dapat lebih mudah memahami metode tersebut sehingga dapat memilih metode penelitian mana yang paling cocok digunakan untuk penelitian yang sedang dilakukan.
Bahasa yang dipakai dalam buku ini mudah dimengerti dan mudah untuk diikuti. Buku ini cocok bagi peneliti awal terutama yang belum memiliki pre knowledge mengenai metode penelitian dan juga bagi peneliti yang masih dalam taraf memilih jenis penelitiannya. Buku ini dilengkapi dengan contoh soal sehingga sangat membantu pembaca memahami metode penelitian baik yang kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Kekurangan buku ini tidak menyajikan metode penelitian baik kuantitatif, kualitatif secara mendalam. Peneliti yang telah memilih jenis penelitiannya baik kuantitatif maupun kualitatif maka kurang mendapatkan informasi yang dalam.
penulis, Prof. Dr. Sugiyono
Prof. Dr. Sugiyono - Personal Name
-
001.42.Sug.m.C1
979-8433-64-0
Metode Penelitian
Text
Indonesia
ALFABETA
2012
Bandung
x, 334 hlm .; 16 x 24 cm
Koleksi Perpustakaan Kampus 2 - jumlah 1 eksemplar
LOADING LIST...
LOADING LIST...


Follow @perpus_unriyo